Benang merah perjalanan dan perkembangan pendidikan islam di nusantara.
Sejatinya permasalahan pendidikan itu bersifat filosofis
Pendidikan agama, termasuk didalamnya pendidikan agama islam telah diajarkan di sekolah semenjak awal indonesia merdeka.
Di tinjau dari esensi sejarah, maka sejarah pendidikan islam itu tidak hanya menguraikan atau menjelaksan secara deskriptif apa yang terjadi pada masa lampau.
Islam menyebar dalam damai dan nyaris tanpa pertumpahan darah di bumi nusantara.
Ditinjau dari esensi sejarah, maka sejarah pendidikan islam itu tidak hanya menguraikan atau menjelaskan secara deskriptif apa yang terjadi pada maa lampau, tetapi mencakupi juga analisis dari waktu ke waktu serta mengaitkan antara tiga dimensi waktu tanpa terpisah, yaitu masa lampau,masa sekarang, dan masa yang akan datang.
Hakikat pendidikan islam adalah pembentukan manusia menuju arah yang di cita-citakan. Ada 5 unsur dasar yang menjadi essensi yang harus dimiliki suatu pendidikan seperti, unsur pemberi, penerima, tujuan baik, cara atau jalan , adanya kontek positif. Dari kelima unsur tersebut merupakan langkah strategis dalam memainkan peranan dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai subsistem da…
Buku ini menguraikan tentang Filsafat Pendidikan Islam. Memuat hakikat dan pemikiran pendidikan Islam.
Pendidikan agama ini memiliki kedudukan yang sangat penting di indonesia.
Buku ini menghadirkan benang merah perjalanan dan perkembangan pendidikan islam di nusantara. disamping pola perkembangan pendidikan islam nusantara pada masa-masa awal.