Text
MOTIVASI BELAJAR DALAM AL-QUR'AN: TARBIYAH.131020
Penelitian ini mengkaji tentang kensep motivasi belajar menurut al-Qur'an. Sebagai solusi alternatif dunia pendidikan yang masih mengalami kesulitan dalam menangani peserta didik yang tidak dapat mengeksplorasi potensi dirinya secara maksimal untuk melakukan kegiatan belajar. Berdasarkan penelitian para ahli pendidikan. Fenomena itu terjadi karena berbagai faktor yang dialami peserta didik baik intern maupun ekstren. Pertama, faktor intren peserta didik meliputi: sisi kognitif (ranah cipta) seperti rendahnya tingkat kecerdasan, sisi efektif (ranah rasa) seperti emosi yang tidak stabil,dan pisikomotorik (ranah keras) seperti terganggunya fungsi-fungsi indrawi. Kedua, faktor ekstren peserta didik meliputi faktor: sekolah seperti sekolah yang tanpa kelengkapan fasilitas belajar, faktor keluarga seperti suasana keluarga yang tidak edukatif, dan faktor lingkungan seperti tidak adanya pengaturan jam belajar di masyarakat.
Tidak tersedia versi lain