Buku ini mengangkat berbagai permasalah yang muncul dalam pelaksaan dakwah, yang secara akademik berimplikasi kuat pada persoalan metodeologi dakwah yang selama ini dipahami dan di praktikkan.
Meski fakulstas dakwah hampir lengkap di semua perguruan tinggi islam (STAIN, IAIN, atau UIN), namun kajian dan pemikiran filsafat dakwah relatif tertinggal dibandingkan dengan kajian dan pemikiran lain pada disiplin ilmu islam.
Dakwah Islam seakan-akan telah menjadi sebuah ritus yang sunyi dari perubahan.
Buku ini berupaya menemukan tabir akan adanya ilmu dakwah, dengan mengupas pengertian, sejarah, dan teori-teori yang terlibat dalam kegiatan dakwah melalui kacamatan komunikasi.
Buku ini menjelaskan perlunya suatu rekontruksi atau pemikiran ulang terhadap keberadaan dakwah.
Ilmu dakwah adalah suatu ilmu yang berisi cara-cara dan tuntunan untuk menarik perhatian orang lain.
Buku ini juga membahas tentang unsur keuangan publik Islam yang terakhir yaitu, perwujudan terhadap tujuan-tujuan publik, disamping menjelaskan bahwa keuangan publik Islam pada masa Rasulullah ikut serta dalam menyebarkan dakwah islam, menyediakan dana pembelaan negara
Berdakwah atau mengajak manusia ke jalan Allah swt. merupakan tugas yang mulia. Salah satu yang penting dari pelaksanaan tugas dakwah adalah menyampaikan materi singkat dan sistematis dengan penyampaian yang rasional dan menggugah.Dalam dakwah, selain cara penyampaian, materi adalah hal paling penting. Suatu materi yang bagus akan sangat membantu tujuan sebuah syair Islam
Kegiatan dakwah tidak dalam ruang hampa, tetapi dilakukan dan ditunjukan kepada umat manusia yang memiliki budaya, maka selayaknya para pelaku dakwah yang bersentuhan secara dinamis dengan kondisi sosial budaya masyarakat perlu memperhatikan kondisi sosial-budaya masyarakat (mad'i), yakni seperangkat aturan, nilai, norma dan adat istiaday yang dijunjung tinggi masyarakat.