Buku ini menjelaskan tentang prinsip-prinsip pengembangan peserta didik seperti, belajar dengan melakukanl dengan memberikan pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari, mengebangkan kemampuan sosial, dengan membangun pemahaman melalui interaksi dengan lingkungan sosialnya.
Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara klasikal, tetapi sentuhan guru harus tetap individual.
Strategi adalah siasat,taktik dan teknik perperangan, dan menentukan waktu yang tepat dalam melakukan serangan kepada musuh.
Para guru ingin mereka disibukkan hanya oleh pengajaran materi pelajaran. Tetapi, sebagian besar guru masih mengalami kesulitan di bidang manajemen kelas. Buku ini menawarkan pedoman, strategi spesifik, dan kegiatan terstruktur yang telah sukses digunakan pada kelas dengan beragam budaya, bahasa, status sosial ekonomi, dan kemampuan akademis.
Dalam buku ini diuraikan empat dimensi yang cukup mendasar tentang proses belajar mengajar, yaitu Konsep Pengajaran dan Kurikulum, Komponen-komponen Pengajaran, Implementasi Pengajaran, dan Strategi Pengajaran yang berpusat pada siswa.
Mampu memberikan teknik penyajian materi yang sesuai kebutuhan peserta didik.
Pentingnya ketersiapan bidang-bidang bahan ajar yang beragam disampaikan kepada peserta didik.
teknologi adalah teori dan praktik dalam desain pengembangan pemanfaatan pengelola serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar
Metode merupakan salah satu komponen vital dalam pembelajaran.
Buku ini mengulas tentang wawasan profesi dan etika pengajaran serta petunjuk praktis tentang pelaksanaan pengajaran mikro.