Buku ini menyajikan tentang landasan paud,hakekat paud,permasalahan paud,kemandirian nak usia dini,konsep diri anak usia dini.
Buku ini membahas pendidikan dan psikologi pendidikan, perspektif perkembangan dan pertumbuhan manusia, neuroscience dan perkembangan manusia, kreativitas, inteligensi, behaviorisme dan pendidikan, kognitivisme, konstruktivisme, humanisme, motivasi, individu berkebutuhan khusus, pengukuran dan evaluasi dalam pendidikan, serta psikologi pendidikan dan pendidik profesional.
Pengukuran dan penilaian atau asesmen perkembangan anak usia dini yang dapat memberikan informasi secara komprehensif tentang perkembangan anak adalah asesmen yang dilakukan berdasarkan kecerdasan jamak, karena asesmen ini mampu mengukur perkembangan kecerdasan anak meliputi sembilan dimensi perkembangan kecerdasan: logika matematika, visual spasial, verbal linguistik, interpersonal, intraperso…
Proses pembelajaran pendidikan budaya dan karakter bangsa dilaksanakan melalui proses belajar aktif.
PTK telah menjadi bagian penting dari guru dan dosen.