Buku ini menjelaskan tentang prinsip-prinsip pengembangan peserta didik seperti, belajar dengan melakukanl dengan memberikan pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari, mengebangkan kemampuan sosial, dengan membangun pemahaman melalui interaksi dengan lingkungan sosialnya.
Strategi adalah siasat,taktik dan teknik perperangan, dan menentukan waktu yang tepat dalam melakukan serangan kepada musuh.
Para guru ingin mereka disibukkan hanya oleh pengajaran materi pelajaran. Tetapi, sebagian besar guru masih mengalami kesulitan di bidang manajemen kelas. Buku ini menawarkan pedoman, strategi spesifik, dan kegiatan terstruktur yang telah sukses digunakan pada kelas dengan beragam budaya, bahasa, status sosial ekonomi, dan kemampuan akademis.
Dalam buku ini diuraikan empat dimensi yang cukup mendasar tentang proses belajar mengajar, yaitu Konsep Pengajaran dan Kurikulum, Komponen-komponen Pengajaran, Implementasi Pengajaran, dan Strategi Pengajaran yang berpusat pada siswa.
teknologi adalah teori dan praktik dalam desain pengembangan pemanfaatan pengelola serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk belajar
Solusi-solusi praktis bagaimana merencanakan dan menerapkan pengajaran yang menyenangkan.
Pengaruhnya terhadap mekanisme dan praktik kurikulum.
Untuk guru-guru yang telah kehilangan idealisme, gairah, dan cinta mengajar.